Main Article Content
Abstract
Tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan dan membahas mengenai proses dan hasil sosialisasi terhadap anak muda mengenai esports dan soft power Indonesia. Legasi Asian Games 2018 memunculkan esports sebagai sumber baru yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif sekaligus berpotensi sebagai sumber soft power negara Indonesia. Dukungan anak muda sebagai pilar utama dalam hal ini sangat diharapkan. Oleh karena itu, pengetahuan mereka perlu ditingkatkan melalui kegiatan sosialisasi. Sosialisasi dilaksanakan melalui empat tahap terhadap pelajar SMA di Bandung, yang hasilnya dianalisis secara kualitatif dan dengan bantuan data statistik sederhana. Hasil sosialisasi menunjukkan bahwa para pelajar sasaran menyatakan setuju dan paham akan pentingnya esports sebagai sumber soft power Indonesia. Akan tetapi mereka belum bersedia sepenuhnya terjun ke dunia esports, meskipun akan mendukung pembangunan soft power Indonesia melalui esports. Temuan dari proses sosialisasi ini adalah masih terdapat gap antara pengetahuan yang didapat dengan sikap kesediaan dan perilaku yang diharapkan dari subjek sasaran.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.